Sosialisasi Terkaid Covid 19 di SMAN 1 PULE dan Langkang mengantisipasi

Home / Sosialisasi Terkaid Covid 19 di SMAN 1 PULE dan Langkang mengantisipasi - Maret 16, 2020 , by dina

1. CTPS 

Sederhana, namun inilah langkah pencegahan yang utama dalam menangkal penyebaran beragam virus, termasuk virus Corona, yakni Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Guru dan orangtua harus membiasakan anak-anak untuk mencuci tangan saat:

  • Akan memulai pelajaran di kelas. 
  • Saat akan makan. 
  • Usai ke kamar mandi. 
  • Usai bermain dan berkegiatan. 
  • Saat tiba di rumah sepulang sekolah.

“Termasuk cuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan atau produk yang berkaitan dengan hewan. Baiknya hindari kontak dengan hewan liar, hindari kontak dengan sampah atau cairan kotor, apabila terpaksa kontak sebaiknya memakai sarung tangan,

2. Aktifkan ruang UKS 

Gejala awal virus Corona tidak spesifik bahkan tidak ada perbedaan dengan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti batuk dan pilek, . Bisa berupa demam, batuk, sesak nafas, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, lemas, sakit kepala, dan nyeri otot. 

Untuk itu, guru dan orangtua disarankan untuk tidak salah prosedur seperti percaya pada cara-cara pencegahan dan penanganan di media sosial yang tak jelas sumbernya. 

Langkah tepat ialah mengajak anak yang alami demam, lemas, pucat untuk segera cek suhu di ruang unit kesehatan siswa (UKS) dan orangtua perlu melanjutkan untuk periksa ke dokter. Apapun penyakitnya, penanganan yang cepat dan tepat akan mencegah penyakit bertambah parah.

3. Disinfektan ruang kelas 

Membersihkan ruang kelas dengan disinfektan secara rutin perlu dilakukan oleh pihak sekolah mengingat ruang kelas umumnya tertutup dan menjadi ruang potensial penyebaran virus. 

Tak hanya ruang kelas, namun meja, buku-buku, dan mainan yang sering disentuh banyak orang baiknya juga dibersihkan secara rutin untuk mengurangi berkembangbiaknya virus maupun bakteri. Dalam hal ini, orangtua bersama dengan guru bisa bekerja sama dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *